ANALISIS SWOT
PT. IDAMAN ERA MANDIRI (IEM)
WINDY YULIANTI, S.P.
NPM.10522006
LATAR BELAKANG
Globalisasi Industri membawa banyak perubahan pada sebuah negara, termasuk Indonsia. Dengan banyaknya produk yang masuk dari luar negara menyebabkan juga persaingan yang tinggi di antara perusahaan. Perusahaan besar kecil saling bersaing mendapatkan konsumen. Agar produknya laku di pasaran, mereka melakukan inovasi-inovasi untuk meraih pelanggan dan pasar yang luas.
Tapi adakalanya persaingan itu tidak terencana dengan baik, sehingga pada akhirnya perusahaan yang kurang atau tidak kuat dalam berbagai aspek menyerah kalah dan gulung tikar. Untuk perusahaan besar sekalipun bila tidak melakukan evaluasi yang benar dan tepat akan terdampak juga keluar dari persaingan market tersebut dan berhenti di tengah jalan.
Oleh karena itu, diperlukan analisis yang tepat dan bisa terevaluasi efektif efisien agar hal yang dikhawatirkan mengganggu jalannya perusahaan bisa ditanggulangi. Analisis yang dilakukan hendaknya meneyeluruh mencakup semua aspek dan hal tersebut terutama malalui manajemen pengambilan keputusan yang sebagian besar perusahaan menggunakan analisis SWOT. Berbagai kalangan akademisi, birokrat hingga praktisi bisnis telah mempercayai jika analisis dengan mempergunakan perspektif SWOT telah dianggap memiliki keunggulannya. Kita bisa memberikan peta kondisi terhadap keadaan yang terjadi berdasarkan realita yang ada, serta lebih jauh mampu memberikan penegasan terhadap keputusan yang akan kita lakukan di masa yang akan datang.
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN IDAMAN ERA MANDIRI
PT. IDAMAN ERAMANDIRI atau masyarakat sekitar mengenalnya sebagai PT.IEM adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang tekstil, yang berlokasi di Jl. Cisirung No.97, Cangkuang Wetan, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40238.
PT. IDAMAN ERAMANDIRI merupakan perusahaan penghasil benang jahit yang terintegrasi seluruhnya dimana produksi dimulai dari 'twisting', pencelupan, pengeringan, 'bonding', 'winding', dan pengemasan. Disertai pengawasan yang terus menerus, menjamin kekonsistenan produk yang berkualitas tinggi. Dengan visi dan misi sebagai berikut :
Visi : menjadi produsen benang jahit kelas dunia.
Misi : Berdasarkan motto kami “Kepuasaan anda adalah kebanggaan bagi kami”, kami membangun hubungan yang kuat serta jangka panjang dengan para pelanggan kami guna lebih memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik lagi. Sebagai hasilnya, benang jahit yang berkualitas tinggi serta inovatif yang dapat memenuhi tiap-tiap kebutuhan dari para pelanggan kami.
Pelayanan :
· Jaminan Kualitas : menjamin bahwa produk benang yang kami jual memiliki kualitas yang terbaik.
· Penyesuaian Produk : Selain dari standard produk dan warna, juga menyediakan benang yang sesuai untuk aplikasi dan kebutuhan khusus dari pelangggan, menyediakan bantuan dalam pencocokan warna dan nasihat dalam solusi kreatif.
· Warna : Tersedia dalam persediaan kami dan/atau proses DTM (Dye To Match) berdasarkan warna standard kami atau contoh dari pelanggan.
· Variasi : Tersedia untuk penggunaan umum dan khusus.
· Waktu Produksi dan Pengiriman : Dalam 4-7 hari kerja
· Harga : Harga yang wajar dan kompetitif. Kami menjual kualitas, bukan harga.
· Tujuan : Kepuasan pelanggan.
Masalah lingkungan merupakan suatu hal yang dipertimbangkan secara serius dalam strategi bisnis PT.IEM. Perusahaan menggunakan System Pengelolaan Lingkungan (Environmental Management System - EMS) sebagai tambahan dari program Sistem Pengelolaan Kualitas (Quality Management System - QMS) yang digunakan. Untuk meminimalkan kerusakan lingkungan dalam proses manufaktur, perusahaan berkomitmen untuk melakukan investasi dalam fasilitas, bangunan, dan program yang dirancang untuk menjaga keselamatan lingkungan.
- Bangunan dan Fasilitas:
- Fasilitas pengolahan air: memungkinkan pengurangan penggunaan air.
- Fasilitas pembuangan limbah berbahaya: memungkinkan penghilangan dampak berbahaya pada lingkungan.
- Program:
- Pembelian kembali tempat benang: memungkinkan penggunaan kembali (mengkonsumsi lebih sedikit bahan).
- Pemisahan, pengolahan yang tepat dari sampah organik, non-organik, dan bahan berbahaya: memungkinkan pengurangan dampak negatif pada lingkungan.
- Hanya menggunakan bahan pewarna dan bahan kimia yang ramah lingkungan.
ANALISIS SWOT
1. Kekuatan/strength
§ Strategi promosi produk PT IEM yang langsung mendatangi perusahan kosumennya merupakan strategi yang cukup efektif karena jalinan komunikasi lebih jelas dan terarah, selain itu juga bilamana ada hal-hal yang terjadi bisa cepat tertangani.
§ SDM untuk para karyawan cukup luas karena sebagian besar mengambil dari warga sekitar yang notabene masih banyak yang membutuhkan pekerjaan, sehingga bila kekurangan karyawan bisa cepat tergantikan dengan membuka lowongan pekerjaan, walaupun ada juga karyawan dari daerah lain.
§ Perencanaan yang baik dan kerjasama yang erat dengan para pemasok, konsumen, dan distributor untuk menghantarkan produk-produk dari pabrik ke tempat-tempat penjualan
§ PT IEM sudah memiliki jaringan distribusi sendiri sehingga distribusi produknya hingga ke daerah-daerah dapat terlayani.
§ PT IEM mempunyai moto “menjamin kualitas bukan harga”, sehingga dalam operasinya dijalankan dengan baik dan teliti demi kepuasan konsumen/pelanggan.
§ Kebutuhan pasar akan sandang sudah termasuk kebutuhan primer yang terus menerus berlangsung sampai tahap yang begitu lama, sehingga peluang perusahaan masih sangat terbuka untuk bisa mengembangkan diri lebih besar lagi (minimalnya stabil bertahan).
§ PT.IEM berkomitmen tinggi terhadap lingkungan, ini merupakan nilai tambah tersendiri. Dengan begitu, kepercayaan masyarakat sekitar cukup tinggi terhadap perusahaan dan hal tersebut bisa menjaga keamanan perusahaan.
b. Kelemahan/weakness
§ PT IEM belum mengadakan promosi secara luas jadi masih sekitaran Jawa Barat, karena kesiapan bahan, alat, dan keahlian para karyawan yang terbatas, sehingga baru mampu memasok wilayah tertentu saja .
§ Komunikasi pada karyawan yang bisa menerima pesan yang berbeda-beda, hal tersebut bisa menyebabkan kesalahpahaman dan sangat mengganggu kestabilan proses produksi.
§ Manajemen perusahaan yang masih belum tertata baik, terutam di tingkat manajer dengan adanya persiangan yang kurang sehat.
§ Resolusi konflik antara pimpinan dan karyawan dengan masalah gaji disesuaikan beratnya pekerjaan yang masih belum seimbang. Berat dan banyaknya pekerjaan yang dilakukan belum sesuai dengan gaji yang diterima karyawan, menyebabkan tidak sedikit karyawan yang sudah sekian lama bekerja memilih berhenti mencari pekerjaan lain. Hal tersebut cukup menggangu kestabilan perusahaan.
§ Adanya regulasi bahwa suami istri tidak boleh bekerja bersama di perusahaan, menjadikan banyaknya keluar masuk karyawan dalam waktu yang berdekatan sehingga untuk karyawan baru yang masih perlu banyak pelatihan cukup keteteran mengikuti. Kalaupun mereka bisa tapi secara kualitas bisa jadi berbeda atau jauh dari harapan kualitas yang ditargetkan karena kekurang terampilannya karyawan.
§ Banyaknya persaingan mengakibatkan perusahaan harus ekstra keras menciptakan produk berkualitas tinggi dan mampu bersaing.
c. Kesempatan/opportunities
· Stabilitas ekonomi yang relatif baik dengan pertumbuhan yang mengembirakan bagi ekonomi Indonesia, cukup menggembirakan bagi perusahaan.
· Pertumbuhan ekonomi yang kuat di pulau-pulau seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua membuka peluang pasar yang lebih luas.
· Tingginya kepuasan konsuman terlihat dari predikat prima indeks kepuasan konsumen.
· Banyaknya pemain pasar nasional yang belum memiliki cara produksi kosmetik yang baik.
· Luasnya potential market sekitar perusahaan yang belum terjamah.
· Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jenis produk consumer goods.
· Rekomendasi investasi pada saham.
· Tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat atas produk consumer goods.
d. Ancaman/Threats
§ Adanya kenaikan biaya bahan baku dan bahan kemasan seperti yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak, bahan kimia, dan komoditas lainnya.
§ Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
§ Melemahnya daya beli konsumen.
§ Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari Cina.
§ Rendahnya infrastruktur yang memadai berupa jalan yang menyebabkan tingginya biaya pemasaran produk.
§ Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri.
REKOMENDASI DAN ALTERNATIF STRATEGI
Setelah menganalisis perusahaan dengan analisis SWOT, ada beberapa strategi yang bisa digunakan untuk perbaikan dan kemajuan PT.IEM, diantarannya sebagai berikut:
§ Komunikasi Visi dan Misi
Mengkomunikasikan visi dan misi agar bisa diterapkan dalam penyusunan dan pengimplementasian perusahaan.
§ Komunikasi Program Kerja Utama perusahaan
Program Kerja Utama adalah program kerja yang butuh dieksekusi untuk mencapai visi-misi tersebut. Hal ini penting dikomunikasikan ke semua anggota terutama bagian eksekutif. Program kerja selaras dengan melihat kekuatan dan kelemahan perusahaan, dimana disini masalah manajemen yang perlu banyak dibenahi.
§ Membagi bagian-bagian pekerjaan ke divisi dan departemen yang sesuai Program Kerja Utama disesuaikan dengan sumber daya yang ada. Hal-hal tersebut dipenuhi dengan membagi tugas-tugas ke ukuran yang lebih kecil dan mendistribusikannya ke divisi atau departemen dengan fungi yang terkait.
§ Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian
Dalam pengeksekusian, agar rencana berjalan dengan lancar, harus ada pengendalian, dengan mengumpulkankan data dan informasi terkait dengan operasional program kerja, tentunya dipantau dan dievaluasi secara terencana.
PENUTUP
PT.IEM mengadopsi praktik tata kelola perusahaan terbaik, yang merupakan pondasi dari bisnis yang transparan dan sehat. Hal tersebut merupakan komitmen pihak manajemen PT.IEM untuk mempertahankan kepercayaan konsumen, pemegang saham, mitra bisnis dan pemangku kepentingan ( stakeholders ) lainnya. Dalam memastikan tata kelola yang optimal, direktur bersama manajemen akan selalu mengevaluasi implementasi tata kelola perusahaan secara berkesinambungan.
PT.IEM siap memanfaatkan kecenderungan pertumbuhan ekonomi yang positif dengan menawarkan produk-produk benang jahit baru se-kualitas dunia. Penetapan promosi yang digunakan lebih menarik, kreatif, dan inovatif dengan skala pemasaran yang lebih luas lagi dan produksi lebih banyak lagi.
Intinya yang menjadi rahasia dari eksistensi PT.IEM sebagai pabrik yang memproduksi benang jahit ditengah krisis ekonomi adalah kekuatan pihak manajemen dalam melakukan praktik pengelolaan resiko operasional yang baik dan ketat dengan berlandaskan prinsip kehati – hatian dan pelayanan PT.IEM kepada konsumen dengan mengembangkan pendekatan total customer relationship. Namun PT.IEM perlu bekerja lebih keras lagi untuk dapat meyakinkan masyarakat dan konsumen akan kualitas produk sesuai visi PT.IEM.
DAFTAR REFERENSI
Maman Sulaeman. 2022. Analisis SWOT (Konsep dan Prakteknya pada Bidang Bisnis). Banyumas : Rizquna
Dewi Kurniasih, Yudi Rusfiana, Agus Subagyo, Rira Nuradhawati. 2019. Teknik Analisa.
Bandung : Alphabeta
Faris Azzam Shiddiqi. 2011. Ujian Akhir Mata Kuliah Manajemen Strategi. Bogor
Hendra Cipta Dan Hatamar. 2022. Analisis SWOT Integrasi Industri Halal dan Perbankan di Indonesia. Bangka Beltung : Shidiq Pres
Misbahul Munir. 2008. ANALISIS SWOT PADA PT. BCA Tbk.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar